Susu untuk Anak & Induk Kucing

Beberapa masalah yang sering ditemui di sekitar yaitu induk tidak mau menyusui anak kucing atau anak kucing dibuang tanpa induk, maupun masalah-masalah lain yang meyebabkan anak kucing terlantar. Anak kucing yang berumur 1-2 bulan hanya bisa mendapatkan asupan nutrisi dari induk berupa susu. Hal ini disebabkan oleh saluran pencernaan anak kucing masih belum berkembang untuk mencerna makanan kompleks seperti daging. Tanpa asupan susu dari induk, anak kucing dapat mati kelaparan walaupun sudah diselamatkan dari jalanan. Pemberian susu kemasan manusia untuk anak kucing juga bukan pilihan yang tepat. Susu pengganti atau milk replacer sangat dibutuhkan dalam kegiatan rescue dan berperan penting untuk anak kucing (Gambar 1).

Gambar 1  Anak kucing yang sedang diberi milk replacer (Ayvali 2014)

Susu mengandung gugus gula laktosa. Laktosa merupakan gula disakarida yang tersusun dari glukosa dan galaktosa. Sebelum dicerna tubuh, laktosa harus dipecah menjadi gula sederhana. Pemecahan laktosa dilakukan dengan bantuan enzim laktase (Urry et al.2017).  Enzim laktase dihasilkan sel usus bagian brush border (August 2010).

Aktivitas enzim laktase di kucing menurun setelah masa penyapihan, sebagian besar kucing dewasa mengalami laktosa intoleran. Laktosa intoleran yaitu keadaan tubuh yang tidak dapat memecah laktosa karena tidak mempunyai cukup enzim laktase. Gejala yang muncul pada kucing akibat laktosa intoleran yaitu diare, kembung (Washabau dan Day 2013). Susu sapi mempunyai kadar laktosa lebih tinggi dibandingkan susu kucing. Kucing tidak dapat mencerna tinggi laktosa, sehingga laktosa yang berlebih tidak dapat dicerna dan menyebabkan diare (Schenck 2010).

MilkyVar merupakan produk susu pengganti untuk kucing, baik dikonsumsi anak dan induk kucing (Gambar 2). Susu ini mengandung rendah laktosa dan nutrisi lengkap (kalsium, protein, lemak, omega 3, dan omega 6) yang mudah diserap tubuh kucing. Kandungan omega 3 dan omega 6 bermanfaat untuk perkembangan fungsi kognitif otak dan mata anak kucing (Biagi et al. 2004).

Gambar 2  Susu pengganti untuk anak kucing MilkyVar, susu rendah laktosa.

Penulis Intan K, Tim RnD PT Tri Daya Varuna

Sumber:

August JR. 2010. Consultations in Feline Internal Medicine. Riverport Lane (US): Saunders Elsevier

Ayvali E. 2014. Close-Up Photo of Person Feeding a Kitten [internet]. Tersedia pada https://www.pexels.com/photo/close-up-photo-of-person-feeding-a-kitten-1981111/ [diakses 2019 November 7]

Biagi G, Cocchi M, Mordenti A. 2004. The role of dietary omega-3 and omega-6 essential fatty acids in the nutrition of dogs and cats: A review. Progress in Nutrition. 6(2): 1-12

Schenck P. 2010. Home-Prepared Dog & Cat Diets Second Edition. Singapore(SG): Wiley Blackwell

Urry LA, Cain ML, Wasserman SA, Minorsky PV, Reece JB. 2017. Campbell Biology Eleventh Edition. Hoboken (US): Pearson

Washabau RJ, Day MJ. 2013. Canine & Feline Gastroenterology. Missouri (US): Elsevier

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked*

    WhatsApp WhatsApp Kami